DETAIL KOLEKSI

Pelatihan konsep siklus akuntansi (jurnal penyesuaian, penyusunan laporan keuangan, dan jurnal penutup) untuk pembelajaran daring bari guru-guru SMA/SMK


Oleh : Hasnawati, Shafrani Dizar

Info Katalog

Badan Korporasi : -

Kata Kunci : accounting cycle, adjusment, closing entries, senior high school teacher, online learning

Subyek : Accounting

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Halaman-Judul.pdf 914.71
2. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Pengesahan.jpg 1454.04
3. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Bab-1_Pendahuluan.pdf 751.77
4. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Bab-2_Pelaksanaan-Kegiatan.pdf 744.34
5. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Bab-3_Kelayakan-Perguruan-Tinggi.pdf 1047.11
6. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Bab-4_Hasil-dan-Luaran-yang-dicapai.pdf 708.88
7. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf 658.35
8. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Daftar-Pustaka.pdf 678.51
9. 2020_PKM_FEB_Pelatihan-Konsep-Siklus_Lampiran.pdf 5216.85

A Akuntansi merupakan proses mengidentifikasi, mencatat, dan melaporkan semua transaksi ekonomi. Keluaran akuntansi keuangan berupa laporan keuangan yang dapat menggambarkan kinerja perusahaaan dan digunakan untuk pengambilan keputusan. Proses akuntansi dilakukan dalam siklus akuntansi yang dilakukan selama satu periode tertentu. Siklus akuntansi ini dimulai dari identifikasi transaksi, kemudian pencatatan ke dalam jurnal, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaan, hingga menyusun laporan keuangan pada akhir periode. Pelaksanaan pembelajaran akuntansi sangat membutuhkan ketrampilan praktik dan logika, oleh karena itu pembelajaran perlu menggunakan kasus-kasus serta metode penyampaian yang mudah dipahami, menarik dan efektif. Di era pandemic Covid-19 ini, para guru dituntut untuk melakukan pembelajaran secara online (daring) atau jarak jauh. Metode daring ini dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar dimana saja dan kapan saja, tanpa harus tatap serta dapat dilakukan pada waktu yang lebh fleksibel. Kesulitan yang dihadapi para guru adalah kemampuan mereka dalam menggunakan teknologi dan software yang mudah dan murah sehingga tidak membebani siswanya.Dari hasil pelatihan yang diberikan Tim pelaksana PKM Trisakti telah memberikan manfaat bagi para guru SMA/SMK yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Jakarta atas perolehan pengetahuan dan ketrampilan tentang konsep siklus akuntansi,khusunya unutk masalah bagaimana membuat jurnal penuyesuaian dan jurnal penutup. Sedangkan manfaat yang diterima Tim pelaksana PKM Trisakti (para Dosen dan mahasiswa) dapat memperoleh pengetahuan mengenai kesulitan yang dihadapi oleh para guru SMA.SMK dalam pembelajaran dengan sistem daring/online.Adanya manfaat yang diperoleh dari pelatihan PKM ini, disarankan untuk dilakukan proses pelatihan berkelanjutan pada para guru SMA/SMK yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Jakarta.

A Accounting is the process of identifying, recording and reporting of all economic transactions. The output of financial accounting are financial reports that can describe the company's performance and used for management decision making. Accounting process is carried out in the accounting cycle for a specific period. Accounting cycle is starting from identifying transactions, recording transactions into a journal, ledger, trial balance, adjustment, which is in the end it will produce financial statements. The accounting learning implementation crave practical and logical skills, therefor accounting learning needs to using cases and delivery methods that are easy to understand, attractive and effective. In this Covid-19 pandemic era, teachers are required to do online learning to their students. This online method can provide opportunities for students to study anywhere and anytime, and it’s more flexible. The obstacles that teachers faced are their ability to use technology and software that is easy to use and inexpensive, so that it doesn’t burden their students.The final result from this training provided by the Trisakti PKM Team has provided benefits for Senior High School/Vocational High School teachers who are members of Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Jakarta for the acquisition of knowledge and skills about the accounting cycle concept, especially how to make adjustment and closing entries. Whereas the benefits for Trisakti PKM Team (lecturers and students ), they got more knowledge about the difficulties that Senior High School/Vocational High School teachers faced in online learning.With the benefits obtained from this PKM training, it is recommended to conduct a continuous training process for Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akuntansi Jakarta.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?