DETAIL KOLEKSI

Pelatihan pembuatan iklan produk berbasis animasi


Oleh : Dian Pratiwi, Ahmad Zuhdi, Ratna Shofiati, Yunia Ningsih

Info Katalog

Kata Kunci : animaker, animation, advertising, Kahoot

Subyek : Advertising;Animation (Cinematography)

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Bab-2_Pelaksanaan-Kegiatan.pdf
5. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Bab-3_Kelayakan-Perguruan-Tinggi.pdf
6. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Bab-4_Hasil-dan-Luaran-yang-dicapai.pdf
7. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2020_PKM_STF_Pelatihan-Pembuatan-Iklan_Lampiran.pdf

M Makin maraknya beberapa media promosi membuat persaingan penjualan produk semakin tinggi pula. Jenis media konvensional pun mulai ditinggalkan dan banyak beralih ke media teknologi seperti videotron atau layar-layar LCD. Penggunaan media tersebut tentunya perlu didukung dengan isi konten promosi yang menarik pula dalam mengiklankan produk, terutama produk-produk yang diperkenalkan oleh para UKM. UKM di Indonesia sering kali menghadapi berbagai masalah seperti promosi, pemasarandan penjualan. Inilah yang kemudian akan coba diatasi dalam kegiatan PKM kali ini, dimana akan dibuat sebuah pelatihan untuk para pelaku UKM dalam mengembangkan konten iklan berbasis animasi guna mempromosikan produk-produk yang dijual oleh mereka. Pelatihan ini pada tanggal 16 Mei 2020 telah berlangsung terdiri dari dua sesi, dimana sesi pertama adalah memperkenalkan software online. Animaker untuk membuat iklan animasi. Sesi kedua adalah sesi praktek, dimana secara daring parapeserta diberikan petunjuk tahap demi tahap dalam membuat iklan animasi, dengan kasus iklan penjualan makanan & minuman. Sebagai tambahan akhir sesi, kegiatan ini juga memberikan sesi kuis berhadiah dengan menggunakan aplikasi Kahoot, kepada para peserta untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar materi kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi dari 8 peserta yang hadir purna waktu melalui kuisioner, diketahui bahwa sebanyak 87.5% peserta menilai pelatihan ini mudah dipahami, 100%peserta menilai pembicara sudah menjelaskan materi cukup baik, 100% peserta mengatakan pengaturan waktu sudah tepat, dan sebanyak 62.5% dari peserta akan mengimplementasikan hasil pelatihan tersebut ke dalam toko/usaha yang mereka jalankan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dari kegiatan pembuatan iklan produk berbasis animasi ini telah memberikan manfaat yang cukup terlihat dan berhasil diterima dengan baik oleh peserta

M More and more promotional media make product sales competition higher as well. Conventional media types are starting to open and many are turning to technological media such as Videotron or LCD screens. The use of this media needs to be supported by attractive promotional content as well as promoting products, products introduced by SMEs. SMEs in Indonesia often face various problems such as promotion, marketing, and sales. This is what will then be addressed in this PKM activity, where training will be made for SME entrepreneurs in developing animationbased advertising content to improve the products sold by them. The training was completed on May 16, 2020, consisting of two sessions, while the first session introduced the Animaker onlinesoftware to create animated advertisements. The second session was a practical session, where there were participants who dared to be given instructions to create an animation, with the case of an advertisement for food & beverage sales. In addition to the end of the session, this activity also provides a quiz session with prizes using the Kahoot application, for participants to answer questions about the activity material. Based on the evaluation results of 8 participants who were present through the questionnaire, 87.5% of the participants were easy to understand, 100% of the participants agreed that they explained the material well enough, 100% of the participants said that the timing was right, and 62.5% the participants will implement the training in the shop/business they run. Thus, it can be concluded that the activity of making advertising based products has provided benefits that are quite visible and successfully received by the participants

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?