DETAIL KOLEKSI

Pelatihan cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada orangtua anak berkebutuhan khusus di SLB C Dian Kusuma


Oleh : Marie Louisa, Trijani Suwandi, Johan Arief Budiman

Info Katalog

Badan Korporasi : -

Kata Kunci : counseling and consultation, dental health, parents, health education.

Subyek : Health education - Dental;Dental hygienists

Penerbit : FKG - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Halaman-Judul.pdf 2885.05
2. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Pengesahan.jpg 1218.47
3. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Bab-1_Pendahuluan.pdf 649.32
4. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Bab-2_Pelaksanaan-Kegiatan.pdf 611.98
5. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Bab-3_Kelayakan-PT.pdf 629.39
6. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Bab-4_Hasil-dan-Luaran.pdf 660.46
7. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Bab-5_Kesimpulan.pdf 608.31
8. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Daftar-Pustaka.pdf 687
9. 2020_PKM_SIG_Pelatihan-Cara-Menjaga_Lampiran.pdf 2566.05

P Pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut anak harus melibatkan interaksi antara anak, orang tua dan dokter gigi. Anak Berkebutuhan Khusus tidak bisamenjalankan aktifitas kehidupan sehari- hari secara normal sehingga membutuhkan bantuan orang lain disekitarnya, baik itu orang tua, anggota keluarga, pengasuh, maupun guru di sekolah. Anak Berkebutuhan Khusus memerlukan bantuan dalam menjaga kebersihan gigi dan mulutnya. Pada Anak Berkebutuhan Khusus, karena adanya keterbatasan dari segi kognitif, psikomotor, maupun afektif, pelatihan akan lebih efektif bila diberikan kepada para pendamping (orang tua dan guru). Target pelatihan menjaga kesehatan gigi dan mulut kali ini adalah orang tua dan guru Anak Berkebutuhan Khusus di SLB C Dian Kusuma Pelatihan dilengkapi dengan video demonstrasi, dilakukan secara daring menggunakan aplikasi Zoom, dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2020, dengan tim pelaksana yang beranggotakan 4 dosen dan 4 mahasiswa klinik Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti, diikuti oleh 30 partisipan. Pengetahuan peserta dinilai dengan pre-test dan post-test menggunakan Google Form. Hasil penyuluhan pelatihan menjaga kesehatan gigi dan mulut bagi orang tua dan guru Anak Berkebutuhan Khusus di SLB C Dian Kusuma yang dilakukan melalui media webinar menunjukkan hasil yang memuaskan. Nilai rerata Pre test adalah 77+22,53 dan nilai rerata Post- test adalah 98+11,99 Terdapat peningkatan nilai Post-test para peserta penyuluhan sebesar 22% dengan perubahan peningkatan persentasi jawaban benar dari pre-post test berkisar dari 6,6%- 45%.

M Maintenance of children’s dental and oral health must involve interactions between children, parents and dentists. Special Needs Children cannot carry out daily activities normally so they need help from others around them, such as parents, family members, caregivers, or teachers at school. For special needs children, assistance is needed in maintaining the cleanliness of their dental and oral health. Due to limitations in terms of cognitive, psychomotor, and affective in special needs children, training program will be more effective if it is given to their assistants (parents and teachers). This training targets for maintaining dental and oral health are parents and teachers of special needs children at SLB C Dian Kusuma. The training program is equippedwith a video demonstration, conducted online using the Zoom application, held on July 30, 2020, with a team consisting of 4 lecturers and 4 clinical students of the Faculty of Dentistry, Trisakti University, followed by 30 participants. Participants' knowledge was assessed by pre-test and post- test using Google Form. The results of training on maintaining dental and oral health for parents and teachers of special needs children at SLB C Dian Kusuma which were conducted through webinars showed satisfactory results. The mean score of the pre-test was 77 + 22.53 and the mean value of the post-test was 98 + 11.99. There was an increase in the post-test scores of the extension participants by 22% with changes in the increase in the correct answers percentage from the pre- post test ranging from 6.6 % -45%.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?