DETAIL KOLEKSI

Pelatihan pengembangan usaha UKM


Oleh : Firdayeti, Ida Busneti, Sumiyarti

Info Katalog

Kata Kunci : entrepreneurship, e-comerce, marketing strategy, global market

Subyek : Entrepreneurship - Training;Small business - Management

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2015

Halaman : 28 p.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2015_PKM_FEB_Pelatihan-Pengembangan_Halaman-Judul.pdf 468.32
2. 2015_PKM_FEB_Pelatihan-Pengembangan_Bab-1_Pendahuluan.pdf 464.74
3. 2015_PKM_FEB_Pelatihan-Pengembangan_Bab-2_Materi-dan-Metode-Kegiatan.pdf 467.39
4. 2015_PKM_FEB_Pelatihan-Pengembangan_Bab-3_Evaluasi-Kegiatan.pdf 460.44
5. 2015_PKM_FEB_Pelatihan-Pengembangan_Lampiran.pdf 1985.75

B Bisnis UMKM seringkali menghadapi kendala, baik kendala internal maupun eksternal. Kendala internal terutama berkaitan dengan rendahnya kualitas sumber daya manusia. Karena keterbatasan sumberdaya tersebut maka mereka kurang mampu mengoptimalkan produksi dan pemasaran yang dilakukan sertamemanfaatkan peluang yang ada, baik akses pasar, akses terhadap sumber pembiayaan dan akses terhadap teknologi. Sedangkan kendala eksternal berkaitan dengan iklim usaha yang kurang kondusif terhadap perkembangan UMKM. Selama ini terkesan berbagai kebijaksanaan lebih berpihak kepada sektor usaha besar,sehingga berbagai fasilitas yang disediakan oleh pemerintah sebagian besar dinikmati oleh usaha besar. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan keterampilan dalam hal produksi dan memasarakan produkdengan cara e commerce (Online) sehingga produk yang dihasilkan punya daya saing di pasar global serta mendekati masyarakat Perguruan Tinggi dengan masyarakat bisnis UMKM sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Berdasarkan hasil kegiatan ini secara umum peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan memberikan tanggapan-tanggapan positif terhadap materi yang disampaikan, meskipun terkendala oleh fasilitas dalam bentuk sarana dan prasara yang sangat terbatas. Kemudian, materi yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat sasaran yaitu bagaimana untuk membangun usaha dan mengembangkannya dengan memanfaatkan kemajuan teknologi berupa fasilitas internet dan masyarakat sasaran merasa terbantu dengan kegiatan PKM oleh Fakultas Ekonomi USAKTI.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?