DETAIL KOLEKSI

Pelatihan menentukan pasar sasaran dan saluran distribusi untuk UKM di Desa Ciburial, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang


Oleh : Ina Oktaviana Matusin, Sri Vandayuli

Info Katalog

Kata Kunci : business marketing strategy, target market, distribution

Subyek : Management;Sales management;Small business

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Halaman : 32 p.


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2014_PKM_FEB_Pelatihan-Menentukan-Pasar-Sasaran_Halaman-Judul.pdf
2. 2014_PKM_FEB_Pelatihan-Menentukan-Pasar-Sasaran_Bab-1_Pendahuluan.pdf
3. 2014_PKM_FEB_Pelatihan-Menentukan-Pasar-Sasaran_Bab-2_Metode-dan-Materi-Kegiatan.pdf
4. 2014_PKM_FEB_Pelatihan-Menentukan-Pasar-Sasaran_Bab-3_Evaluasi-Kegiatan.pdf
5. 2014_PKM_FEB_Pelatihan-Menentukan-Pasar-Sasaran_Lampiran.pdf

M Menentukan pasar sasaran merupakan salah satu bagian penting dalam strategi pemasaran bisnis. Ada beberapa perusahaan yang ingin menjangkau konsumen dari semua kalangan, namun ada pula beberapa perusahaan yang sengaja memisahkan konsumen sesuai dengan pasar sasaran/target pasar produknya. Dengan target pasar yang jelas, akan mempermudah perusahaan untuk menentukan produk yang sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen. Dapat diartikan pula bahwa target pasar merupakan pasar yang memiliki konsumen dengan daya beli yang cukup potensial. Kurangnya pemahaman masyarakat, khususnya pengusaha kecil dan menengah dalam menentukan siapa pasar sasaran dari produk atau jasa yang mereka tawarkan serta bagaimana cara mendistribusikannya. Tujuan kegiatan yang ingin dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta akan pentingnya menentukan pasar sasaran dan saluran distribusi yang benar dan yang paling sesuai bagi usahanya, agar usaha yang dirintis dapat lebih berkembang dimasa yang akan datang. Secara umum, materi pelatihan yang diberikan mendapat tanggapan positif dari peserta dan seluruh peserta cukup partisipatif dalam sesi diskusi. Antusiasme peserta di Desa Ciburial ini juga sangat besar terhadap kegiatan PKM Universitas Trisakti, namun dari hasil diskusi dengan peserta pelatihan, selain masalah pemasaran, mereka juga sangat membutuhkan pelatihan mengenai pengelolaan modal kerja, laporan keuangan serta mereka sangat menginginkan adanya koperasi didaerah mereka untuk menopang kebutuhan modal atau untuk memasarkan produk yang mereka hasilkan. Saat ini, sebagian besar peserta pelatihan jika ingin menambah modal usaha, mereka meminjam uang dari rentenir dengan bunga yang cukup besar yang pada akhirnya membuat usaha mereka gulung tikar.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?