DETAIL KOLEKSI

Pengembangan aplikasi berbasis virtual reality pembelajaran bidang kedokteran studi kasus bedah patah tulang clavicula


Oleh : Ratna Shofiati, Ahmad Zuhdi, Kevin Mandala Yudha

Info Katalog

Status Verifikasi : Sudah

Link :

Subyek : Virtual reality

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Halaman : 10 p.


File Repositori
No. Nama File Ukuran (KB) Status
1. 2021_MD_IF_Pengembangan-Aplikasi-Pembelajaran-berbasis-VR-_Ratna_Ahmad_Kevin.pdf 0

P Patah tulang selangka atau bisa disebut patah tulang clavicula umumnya merupakan jenis patah tulang yang sering dialami oleh para atlet, selain atlet insiden pun bisa menyebabkan patahnya tulang selangka, contohnya kecelakaan yang sangat keras dan benturan terjatuh atau menahan beban dari tangan sehingga tekanan beban ini mengenai tulang selangka yang bisa menyebabkan tulang selangka menjadi patah. Dengan adanya kasus tersebut penanganan yang bisa diambil adalah membawa pasien yang mengalami patah tulang tersebut ke Dokter spesialis orthopedi yang merupakan bidang yang memiliki fokus menangani cedera mencakup sendi, tulang dan otot. Perkembangan zaman kian berubah waktu demi waktu, teknologi semakin berkembang pesat, bukan hanya untuk hiburan tetapi media pembelajaran akan membuat manfaat bagi bidang kedokteran khususnya di bidang spesialis ortopedi. Dengan penelitian ini akan diterapkan agar membuat inovasi terbaru dibidang kedokteran dalam prosedur operasi bedah patah tulang clavicula atau bahu untuk sebagai media pembelajaran dan edukasi bagi para calon dokter dan dokter spesialis ortopedi yang dapat mengurangi kesalahan pengambilan keputusan pada pengambilan tindakan operasi bedah tulang clavicula bahu. Dengan teknologi Virtual Reality dan dalam rekayasa berbentuk 3D sangat berguna untuk melakukan simulasi dan mengembangkan kreatifitas dan juga latihan bagaimana cara sempurna melakukan tindakan operasi bedah tulang clavicula agar sesuai prosedur yang baik tanpa harus menghadapi langsung operasi bedah itu tersebut. Dengan aplikasi ini akan sangat mudah sekali dan membantu dalam bidang kedokteran khususnya para calon dokter atau pun dokter spesialis ortopedi melakukan simulasi latihan dan sebagai media pembelajaran bersifat aplikasi yang mengusung teknologi Virtual Reality. Metodologi yang akan digunakan dalam penelitian ini meliputi konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi.

A A collarbone fracture or it can be called a clavicular fracture is generally a type of fracture that is often experienced by athletes, in addition to athletes the incident can cause a broken collarbone, for example a very violent accident and a fall or bearing weight from the hand so that the pressure of this load hits the bone collarbone which can cause the collarbone to break. With this case, the treatment that can be taken is to bring the patient who suffered the fracture to an orthopedic specialist who is a field that focuses on dealing with injuries including joints, bones and muscles. The times are changing time after time, technology is growing rapidly, not only for entertainment but learning media will make benefits for the medical field, especially in the field of orthopedic specialists. With this research, it will be implemented to make the latest innovations in the field of medicine in the surgical procedure for clavicular or shoulder fracture surgery to serve as a learning and educational medium for prospective doctors and orthopedic specialists who can reduce errors in decision making insurgery clavicular shoulder. With technology Virtual Reality and in engineering it is 3D very useful for simulating and developing creativity and also training on how to perfectly perform clavicular bone surgery to fit the procedure properly without having to face the surgical operation directly. With this application, it will be very easy and helpful in the medical field, especially prospective doctors or orthopedic specialists to carry out training simulations and as a learning medium that is an application that carries technology Virtual Reality. The methodology to be used in this research includes concept, design, material gathering, manufacturing, testing and distribution.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?