Pengaruh foto wildlife orangutan pada Kampanye World Wildlife Fund For Nature terhadap kesadaran mahasiswa FSRD Trisakti dalam pelestarian satwa langka
S Salah satu satwa yang diambang kepunahan adalah satwa orangutan. Satwa orangutan adalah satwa asli Indonesia yang harus dilestarikan. Salah satu organisasi non profit yang bergerak dalam konservasi satwa dan lingkungan adalah World Wildlife Fun for Nature (WWF).Kegiatan WWF untuk mengajak khalayak dalam melestarikan satwa orangutan salah satunya adalah dengan melakukan kampanye. Kampanye WWF dilakukan diantaranya dengan menggunakan media foto. Penelitian ini akan mengetahui bagaimana pengaruh foto wildlife orangutan pada kampanye WWF terhadap kesadaran mahasiswa FSRD Trisakti dalam pelestarian satwa langka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis dengan menggunakan pendekatan studi kasus yaitu dengan menganalisis foto wildlife orangutan yang digunakan sebagai media kampanye WWF. Hasil dari penelitian ini adalah dengan foto wildlife orangutan yang berkuaitas yang memenuhi kaidah-kaidah fotografi wildlife dapat menyampaikan informasi dan pesan secara efektif sesuai tujuan dari kampanye WWF sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap penikmat foto yaitu mahasiwa FSRD Trisakti yang akhirnya dapat memberikan kesadaran untuk turut serta dalam melestarikan satwa langka yaitu orangutan. Selain itu penelitian ini bermanfaat untuk meningkatkan kualitas foto wildlife yang digunakan sebagai kampanye WWF selanjutnya, sehingga dapat lebih efektif dalam menyampaikan informasi dan pesan sesuai dengan tujuan dari kampanye WWF. Dengan penggunaan media foto yang dapat menarik perhatian dan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat diharapkan keberlanjutan satwa khususnya orangutan dapat lebih terjaga dan lestari