Sistem pengendalian internal atas penerimaan kas pada PT XYZ
P Penelitian ini dilakukan pada perusahaan yang bergerak di bidang jasa hotel danrestoran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sistempengendalian internal atas penerimaan kas pada PT XYZ. Hasil evaluasimenunjukkan bahwa sistem pengendalian internal pada PT XYZ belumsepenuhnya efektif dan efisien sesuai dengan komponen pengendalian internalyaitu lingkungan pengendalian, penaksiran risiko, aktivitas pengendalian,informasi dan komunikasi serta pemantauan. Selain itu kesesuaian teori COSOyang terdiri dari struktur organisasi, fungsi otorisasi dan pencatatan tidak sesuaidengan standar sistem pengendalian internal yang baik. Saran yang dapatdiberikan meliputi melakukan pemisahan tugas dan tanggung jawab terkaitdengan bagian keuangan penagihan dan administrasi, memperbaiki sistempengendalian internal yang sesuai dengan standar yang diterapkan demikelangsungan perusahaan menjadi lebih baik serta membuat peraturan dan kodeetik secara tertulis agar meminimalisir risiko dan hal-hal yang tidak bolehdilakukan oleh karyawan.
T This research was conducted at companies engaged in hotel and restaurantservices. The purpose of this study was to determine the effectiveness of theinternal control system for cash receipts at PT XYZ. The evaluation results showthat the internal control system at PT XYZ is not fully effective and efficient inaccordance with the internal control components, namely environmental control,risk assessment, control activities, information and communication andmonitoring. In addition, the completeness of the COSO theory which consists oforganizational structure, authorization and record keeping functions is not inaccordance with the standards of a good internal control system. Advice that canbe given includes carrying out duties and responsibilities related to the financialand administrative billing department, improving the internal control system inaccordance with the standards applied in order to make the company better aswell as making regulations and a written code of ethics to minimize risks andmatters which employees are not allowed to do.