DETAIL KOLEKSI

Analisis pengaruh orientasi pasar dan orientasi pembelajaran terhadap keunggulan bersaing melalui tata kelola organisasi pada Universitas di Jakarta


Oleh : Riduan Siagian

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2019

Pembimbing 1 : Farida Jasfar

Subyek : Marketing research;Organizational change - Management

Kata Kunci : market orientation, learning orientation, organizational governance and competitive advantage

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap

Link :


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2019_DS_DIE_222121304_Halaman-Judul.pdf 15
2. 2019_DS_DIE_222121304_Lembar-Pengesahan.pdf 1
3. 2019_DS_DIE_222121304_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2019_DS_DIE_222121304_Bab-2_Landasan-Teoritis.pdf
5. 2019_DS_DIE_222121304_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2019_DS_DIE_222121304_Bab-4_Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2019_DS_DIE_222121304_Bab-5_Simpulan.pdf
8. 2019_DS_DIE_222121304_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2019_DS_DIE_222121304_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari peran orientasi pasar danorientasi pembelajaran terhadap keunggulan bersaing melalui tata kelola organisasi.Rumusan masalah adalah bagaimana menciptakan keunggulan bersaing sehingga padaakhirnya dapat meningkatkan kinerja sebuah organisasi.Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah universitas-universitas di KopertisWilayah-III Jakarta. Sampel dari penelitian ini sebanyak tiga Universitas yaituUniversitas Trisakti, Universitas Katolik Atma Jaya (UNIKA Atma Jaya) danUniversitas Bina Nusantara (BINUS).Hasil komputasi untuk menguji model yang diajukan menunjukkan bahwa semuahipotesis dapat diterima setelah dilakukan analisis SEM. Hasil analisis datamenunjukkan bahwa i) Terdapat pengaruh secara negatif dan signifikan orientasi pasarterhadap tata kelola organisasi. Meskipun demikian kondisi ini tidak terjadi di tigauniversitas yang diteliti. ii). Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan orientasipembelajaran terhadap tata kelola organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa datapendukung dari hipotesis kedua menghasilkan koefisien standar dan nilai t-statistik lebihbesar dengan demikian Ha2 didukung. iii). Terdapat pengaruh secara positif dansignifikan tata kelola organisasi terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa data pendukung dari hipotesis ketiga menghasilkan koefisienstandar dan nilai t-statistik lebih besar dengan demikian Ha3 didukung. iv). OrientasiPasar tidak mempengaruhi secara positif terhadap Keunggulan Bersaing. Hipotesis hasilkoefisien yang negatif dan nilai t-statistik lebih kecil dari t-tabel sehingga tidak cukupmendukung Ha4. v). Terdapat pengaruh secara positif dan signifikan orientasipembelajaran terhadap keunggulan bersaing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa datapendukung dari hipotesis ketiga menghasilkan koefisien standar dan nilai t-statistiklebih besar dengan demikian Ha5 didukung.Dengan demikian dari empat variabel yang diamati dalam penelitian ini, tigadiantaranya yaitu Orientasi Pembelajaran, Tata Kelola Organisasi dan KeunggulanBersaing memiliki pengaruh dan hubungan yang positif, sementara satu lainnya yaituOrientasi Pasar tidak memiliki pengaruh yang signifikan.Secara umum kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan padauniversitas di Kopertis Wilayah-III Jakarta menunjukkan bahwa tata kelola organisasidapat ditingkatkan melalui orientasi pasar dan orientasi pembelajaran, dimana tatakelola organisasi dan keunggulan bersaing yang dihasilkan universitas dapatmeningkatkan kinerja pemasaran. Agenda penelitian yang akan datang hendaknyameneliti variabel-variabel yang lain seperti variabel lingkungan.

T The goal of this study is to analyze the impacts of market orientation andlearning orientation on competitive advantage through organizational governance.While its problem formulation is how to create competitive advantage to improvean organizational performance.The population are chosen in this study are universities under the RegionalCoordinating Office for Higher Institutes (Kopertis Wilayah-III) in Jakarta.Samples of this study collected from three private universities, namely TrisaktiUniversity, Atma Jaya Catholic University (UNIKA Atma Jaya) and BinaNusantara University (BINUS).Computational results from the proposed model show that all hypotheses areaccepted upon SEM analysis. The results of data analysis show that i). There is anegative and significant impact of market orientation on organizationalgovernance. Nevertheless this condition did not occur in the three universitiesstudied ii). There is a positive and significant impact of learning orientation onorganizational governance. The results of the study show that the supporting datafrom the second hypothesis generate a standard coefficient and statistically greatert-value, thus Ha2 is supported. iii). There is a positive and significant impact oforganizational governance on competitive advantage. The results show that thesupporting data from the third hypothesis have generated a standard coefficientand greater t-statistic value so Ha3 is supported. iv). Market orientation does notpositively affect competitive advantage. Apparently, the hypothesis of thecoefficient results is negative and the t-value of statistics is smaller than that of ttableso that it does not sufficiently support Ha4. v). There is a positive andsignificant impact of learning orientation on competitive advantage. The resultsshow that the supporting data from the third hypothesis have generated a standardcoefficient and a greater t-statistic value so Ha5 is supported.As a result, from the four variables observed in this study, three of them,namely Learning Orientation, Organizational Governance and CompetitiveAdvantage have positive impact and relationship, while the remaining variable,namely Market Orientation does not have a significant impact.In general, the conclusion from the results of testing models applied touniversities under the Regional Coordinating Office for Higher Institutes(Kopertis Wilayah-III) in Jakarta show that organizational governance may beimproved through market orientation and learning orientation, whereasorganizational governance and competitive advantage generated by universitiesare able to improve marketing performance. The upcoming research agenda mustideally examine the other variables such as environmental variables.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?