DETAIL KOLEKSI

Pengaruh psychological capital, employee engagement dan organizational citizenship behavior terhadap kinerja karyawan dengan pemoderasi artificial intelligence

5.0


Oleh : Listya Sugiyarti

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Etty Murwaningsari

Pembimbing 2 : Yvonne Augustine

Pembimbing 3 : Listya Sugiyarti

Kata Kunci : psychological capital, employee engagement, organizational citizenship behavior, artificial

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

Link :

T Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana perilaku kewarganegaraan organisasi, modal psikologis, dan keterlibatan karyawan mempengaruhi kinerja akuntan. Selain itu, penelitian ini juga melihat bagaimana Kecerdasan Buatan (AI) mempengaruhi hubungan ini dan bertindak sebagai elemen moderasi. Dalam penelitian ini, data primer dikumpulkan melalui distribusi kuesioner dan sampel penelitian terdiri dari 323 akuntan, termasuk individu dari firma CPA dan departemen akuntansi perusahaan. Selain itu, Smart PLS digunakan untuk menganalisis data yang dikumpulkan. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa (1) Kinerja akuntan meningkat secara signifikan oleh modal psikologis. (2) Terhadap kinerja akuntan, keterlibatan karyawan tidak memiliki dampak positif yang nyata. (3) Perilaku Kewarganegaraan Organisasi secara signifikan mempengaruhi kinerja akuntan secara positif. (4) AI secara signifikan meningkatkan kinerja akuntan. (5) AI tidak dapat secara efektif memoderasi, pengaruh modal psikologis terhadap kinerja akuntan. (6) AI berhasil memediasi hubungan antara kinerja akuntan dan keterlibatan karyawan. (7) AI melemahkan pengaruh positif dari Perilaku Kewarganegaraan Organisasi terhadap kinerja akuntan. Penelitian ini berkontribusi pada kemajuan pengukuran Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (OCB) dengan memperkenalkan dua dimensi tambahan yaitu kepemimpinan etis dan beban kerja. Modal Psikologis, Keterlibatan Karyawan, Perilaku Kewarganegaraan Organisasi (OCB), dan AI ditemukan memiliki potensi untuk meningkatkan kinerja akuntan. Secara khusus, faktor-faktor ini memiliki dampak langsung, positif, dan secara statistik signifikan pada versi untuk akuntan. Berdasarkan pemahaman ini, perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja akuntan dapat mempertimbangkan strategi seperti meningkatkan Perilaku Kewarganegaraan Organisasi, memaksimalkan Modal Psikologis, memanfaatkan AI, dan mendorong kolaborasi antara AI dan Keterlibatan Karyawan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini didasarkan pada survei yang dilakukan di antara akuntan generasi milenial dari firma CPA dan departemen akuntansi perusahaan di Indonesia. Oleh karena itu, hasilnya tidak boleh diterapkan secara luas pada jenis perusahaan lainnya. Sesuai dengan itu, penelitian saat ini kurang memiliki data spesifik mengenai sejauh mana penggunaan AI dalam tanggung jawab sehari-hari akuntan individu. Mengingat keterbatasan ini, penelitian mendatang dapat melakukan eksplorasi mendalam tentang berbagai penggunaan AI dalam konteks subjek tersebut.

T The purpose of this study is to investigate how organizational citizenship behavior, psychological capital, and employee engagement affect accountant performance. Additionally, it looks at how Artificial Intelligence (AI) influences this relationship and acts as a moderating element. In this investigation, primary data was gathered through the distribution of questionnaires and the research sample consisted of 323 accountants, including individuals from CPA firms and company accounting departments. Furthermore, Smart PLS was utilized to examine the collected data. The obtained results established that (1) The performance of accountants was significantly improved by psychological capital. (2) On accountant performance, employee engagement had no discernible beneficial impact. (3) Organizational Citizenship Behavior significantly positively influenced accountant performance. (4) AI significantly improved the performance of accountants. (5) AI was unable to effectively moderate, the effect of psychological capital on the performance of accountants. (6) AI successfully mediated the link between accountant performance and employee engagement. (7) AI weakens the positive influence of Organizational Citizenship Behavior on accountant performance. This research contributes to the advancement of measuring Organizational Citizenship Behavior (OCB) by introducing two additional dimensions namely ethical leadership and workload. Psychological Capital, Employee Engagement, Organizational Citizenship Behavior (OCB), and AI were found to have the potential to improve accountant performance. Specifically, these factors had a direct, positive, having a statistically meaningful impact on the version for accountants. Based on this understanding, companies aiming to improve accountant performance can consider strategies such as enhancing Organizational Citizenship Behavior, maximizing Psychological Capital, leveraging AI, and fostering collaboration between AI and Employee Engagement. The results obtained from this research are based on a survey conducted among millennial generation accountants from CPA firms and company accounting departments in Indonesia. Consequently, the outcomes should not be broadly applied to other company types. In accordance, the present investigation lacks specific data concerning the extent of the use of AI in the day-to-day responsibilities of individual accountants. Considering this limitation, future research could conduct an in-depth exploration of the varied uses of AI within the context of the subject matter.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?