Pengaruh implementasi robotic process automation, strategi bisnis digital dan inisiatif transformasi digital terhadap keunggulan kompetitif dengan orientasi pasar sebagai pemoderasi
T Tujuan - Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruhpengaruh implementasi robotic process automation, strategi bisnis digital, daninisiatif transformasi digital terhadap keunggulan kompetitif dengan orientasi pasarsebagai pemoderasi pada perbankan dan asuransi di indonesia.Metode Penelitian – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Data yangdigunakan merupakan data primer dari hasil kuesioner yang didistrubusikan kepadaresponden sektor perbankan dan asuransi. Studi ini menggunakan model persamaanstruktural (SEM) dan sampel penelitian yang digunakan 832 karyawan perbankandan asuransi di Indonesia.Hasil – Temuan penelitian ini adalah terdapat pengaruh implementasi roboticprocess automation, strategi bisnis digital, inisiatif transformasi digital danorientasi pasar terhadap keunggulan kompetitif pada perbankan dan asuransi diIndonesia. Selanjutnya temuan penelitian ini juga menemukan orientasi pasarorientasi pasar memperkuat pengaruh strategi bisnis digital terhadap keunggulankompetitif. Namun peneilitian ini juga menemukan bahwa orientasi pasarmemperlemah pengaruh implementasi robotic process automation terhadapkeunggulan kompetitif dan juga orientasi pasar memperlemah pengaruh inisiatiftransformasi digital terhadap keunggulan kompetitif.Keterbatasan dan Saran Penelitian Selanjutnya – Penelitian ini hanya dilakukanpada sektor perbankan dan asuransi saja, sehingga kemungkinan hasil penelitian inimungin tidak sama jika diaplikasikan pada sektor perusahaan lainnya. Penelitianselanjutnya disarankan menguji sampel pada sektor lain seperti manufaktur,transportasi, energi atau pun sektor lainnya. Selanjutnya penelitian ini menyarankanuntuk penelitian masa depan dengan menambahan dimensi pada inisiatiftransformasi digital yaitu dimensi leadership dan culture karena dimensi inimemiliki peran yang sangat penting dalam mendorong dan mengarahkantransformasi digital di perusahaan.Implikasi – Penelitian ini memberikan wawasan, pemahaman tujuan, mekanismeserta pembelajaran dalam perencanaan implementasi RPA yang matang,penggunaan dan juga memberikan solusi atas tantangan yang akan dihadapi dalammengimplementasikan RPA. Penelitian ini menghasilkan pembelajaran (lessonlearned) yang bisa diambil dari perusahan yang sudah maupun yang belummengimplementasikan RPA untuk mempersiapkan perencanaan yang matang danmenghadapi tantangan. Selanjutnya Penelitian ini memberikan referensi padaPeraturan Otoritas Jasa Keaungan dan inovasi terkait inovasi keuangan digital.
P Purpose - This research aims to examine and analyze the influence of theimplementation of robotic process automation, digital business strategy, and digitaltransformation initiatives on competitive advantage with market orientation as amoderator in banking and insurance in Indonesia.Research Method – This research is quantitative. The data used is primary datafrom questionnaires distributed to respondents in the banking and insurancesectors. This study used structural equation modeling (SEM), and the researchsample used 832 banking and insurance employees in Indonesia.Results - The findings of this research are that the implementation of roboticprocess automation, digital business strategy, digital transformation initiatives,and market orientation influences competitive advantage in banking and insurancein Indonesia. Furthermore, this research also found that market orientationstrengthens the influence of digital business strategy on competitive advantage.However, this research also finds that market orientation weakens the influence ofthe implementation of robotic process automation on competitive advantage, andmarket orientation also weakens the influence of digital transformation initiativeson competitive advantage.Limitations and Suggestions for Further Research - This research was onlyconducted in the banking and insurance sectors, so the research results will not bethe same if applied to other corporate sectors. Future research suggests testingsamples in other sectors, such as manufacturing, transportation, and energy.Furthermore, this research suggests future research by adding dimensions todigital transformation initiatives, namely leadership and culture, because thesedimensions are vital in encouraging and transforming digital direction incompanies.Implications - This research provides insight and understanding of objectives,mechanisms, and lessons learned in planning a thorough RPA implementation.Also, it provides solutions to the challenges faced in implementing RPA. Thisresearch produces lessons learned that can be taken from research that has yet toimplement RPA to prepare thorough plans and face challenges. Furthermore, thisresearch references Financial Services Authority Regulations and innovationsrelated to digital financial innovation.