Pengaruh inovasi keberlanjutan, strategi keberlanjutan proaktif dan transformasi digital terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan dengan budaya organisasi sebagai pemoderasi
T Tujuan- Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh inovasi keberlanjutan, strategi keberlanjutan proaktif, transformasi digital terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan dengan budaya organisasi sebagai variabel pemoderasiMetode Penelitian- penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan data sekunder. Sebanyak 705 sampel data dikumpulkan dari laporan keuangan, laporan tahunan, dan laporan keberlanjutan perusahaan non-keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) antara tahun 2018 hingga 2022. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk menguji hipotesisHasil Penelitian- Penelitian ini menemukan bahwa, inovasi keberlanjutan, strategi keberlanjutan proaktif dan transformasi digital berpengaruh positif terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan. Selain itu, ditemukan bahwa budaya organisasi tidak dapat bertindak sebagai moderator dalam hubungan antara inovasi keberlanjutan, strategi keberlanjutan proaktif, dan transformasi digital.Implikasi penelitian- Penelitian ini membuktikan bahwa untuk mencapai Kinerja Keberlanjutan Perusahaan yang baik diperlukan dukungan dari semua pemangku kepentingan dengan memanfaat semua sumber daya yang dimiliki perusahaan melalui Inovasi yang berkelanjutan, strategi keberlanjutan yang proaktif dan segera melakukan transformasi digital.Signifikansi (novelty)- Penelitian ini melakukan pengembangan 3 dimensi baru dalam variabel strategi keberlanjutan proaktif yaitu strategi keterlibatan pemangku kepentingan, strategi tata kelola dan kepemimpinan serta strategi komunikasi. Ke tiga dimensi baru tersebut mampu meningkatkan pengaruh variabel strategi keberlanjutan proaktif terhadap kinerja keberlanjutan perusahaan.
O Objectives - The aim of this research is to empirically test the influence of sustainability innovation, proactive sustainability strategy, digital transformation on company sustainability performance with organizational culture as a moderating variable.Method- This research uses a quantitative approach with secondary data. A total of 705 data samples were collected from financial reports, annual reports and sustainability reports of non-financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange (BEI) between 2018 and 2022. Multiple linear regression analysis was used to test the hypothesis..Result- This research found that sustainability innovation, proactive sustainability strategy and digital transformation have a positive impact on corporate sustainability performance. In addition, it was found that organizational culture cannot act as a moderator in the relationship between sustainability innovation, proactive sustainability strategy, and digital transformation.Implication- This research proves that to achieve good corporate sustainability performance, support from all stakeholders is needed by utilizing all the company\\\'s resources through continuous innovation, proactive sustainability strategies and immediate digital transformation.Novelty- This research develops 3 new dimensions in the proactive sustainability strategy variable, namely stakeholder engagement strategy, governance and leadership strategy and communication strategy. These three new dimensions are able to increase the influence of proactive sustainability strategy variables on company sustainability performance.